GURU ABAD 21

GURU ABAD 21
Siti Fauziah1
1Divisi Perlombaan, KIPM Universitas PGRI Semarang

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan bangsa. Salah satu upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah adanya perubahan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mengharuskan guru mampu mengikuti perkembangan zaman dan mampu menjadi guru yang dapat menyesuaikan tantangan abad 21. Guru profesional abad 21 adalah guru yang mampu menjadi pembelajar sepanjang karir untuk peningkatan keefektifan proses pembelajaran siswa seiring dengan perkembangan lingkungan, mengajar teman sejawat sebagai upaya menghadapi kompleksitas tantangan sekolah, mengajar berlandaskan standar profesional, mengajar untuk menjamin mutu pembelajaran serta memiliki berkomunikasi baik langsung maupun menggunakan teknologi secara efektif dengan orang tua murid untuk mendukung pengembangan sekolah (Darling, 2006).

sumber gambar : pixabay
Tujuan adanya pembelajaran abad 21 adalah untuk melahirkan murid yang produktif tinggi, mahir dalam komunikasi, mempunyai kemahiran berfikir aras tinggi serta mahir dalam penggunaan teknologi maklumat dan komunikasi ICT (Anjakan, 2015). Selain itu dalam menghadapi tantangan abad 21 guru diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.    memiliki kemampuan mengadakan proses pembelajaran yang baik;
2.    Memilki kepribadian yang baik (kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia);
3.    Manpu menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya;
4.    Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan lingkungan sekitar.
Menjadi guru abad 21 tidak semudah yang dibayangkan dan tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu adanya kemampuan yang dapat menunjang untuk menjawab tantangan abad 21. Berikut Soft Skiil  yang penting untuk dimiliki  oleh para profesional muda dalam menghadapi tantangan abada 21 adalah:
1.    Mampu menemukan serta menciptakan solusi ketika dihadapkan pada suatu permasalahan;
2.    Mempu mempelajarai konsep baru dengan cepat;
3.    Memilki kemampuan analitik yang baikdan mampu berpikir secara logis;
4.    Memiliki kemampuan komunikasi verbal yang baik, sehingga mampu menyampaikan ide dan pemikirannya dengan jelas;
5.    Memilki kemampuan menulis yang baik, sehingga mampu mengkomunikasikan idenya dengan jelas melalui tulisan;
6.    Mampu berpikir kreatif;
7.    Mampu mengoperasika perangkat teknologi seperti komputer;
8.    Memilki kemampuan yang baik dalam menganalisi angka dan statistik.
Kesimpulannya dalam rangka menghadapi tantangan abad 21 ini setiap guru harus memilki kemampuan dan profesionalitas yang tinggi sehingga setiap tantangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran akan dapat dihadapi serta dapat menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan kompetitif. Era globalisasi menuntut persaingan tinggi tanpa terkecuali bagi seluruh manusia. Tidak ada pilihan lain kecuali harus menghadapi abad yang serba kompleks ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILP2MI (Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa se-Indonesia)

PROFIL UKM KIPM UPGRIS

Kenali Potensi Serei Sebagai si Tanaman Pengusir Nyamuk