GURU ABAD 21
GURU ABAD 21
Siti Fauziah1
1Divisi Perlombaan, KIPM Universitas
PGRI Semarang
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam
kemajuan bangsa. Salah satu upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah adanya perubahan kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013
mengharuskan guru mampu mengikuti perkembangan zaman dan mampu menjadi guru
yang dapat menyesuaikan tantangan abad 21. Guru profesional abad 21 adalah guru
yang mampu menjadi pembelajar sepanjang karir untuk peningkatan keefektifan
proses pembelajaran siswa seiring dengan perkembangan lingkungan, mengajar teman
sejawat sebagai upaya menghadapi kompleksitas tantangan sekolah, mengajar
berlandaskan standar profesional, mengajar untuk menjamin mutu pembelajaran
serta memiliki berkomunikasi baik langsung maupun menggunakan teknologi secara efektif
dengan orang tua murid untuk mendukung pengembangan sekolah (Darling, 2006).
sumber gambar : pixabay
Tujuan adanya pembelajaran abad 21 adalah untuk melahirkan
murid yang produktif tinggi, mahir dalam komunikasi, mempunyai kemahiran
berfikir aras tinggi serta mahir dalam penggunaan teknologi maklumat dan komunikasi
ICT (Anjakan, 2015) . Selain itu dalam
menghadapi tantangan abad 21 guru diharapkan memiliki kemampuan sebagai
berikut:
1. memiliki
kemampuan mengadakan proses pembelajaran yang baik;
2. Memilki
kepribadian yang baik (kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang
mantap, stabil, dewasa,
arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia);
3. Manpu
menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam mencakup penguasaan
materi kurikulum
mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya serta
penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya;
4. Mampu
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan lingkungan sekitar.
Menjadi guru abad 21 tidak semudah yang dibayangkan
dan tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu adanya kemampuan yang dapat
menunjang untuk menjawab tantangan abad 21. Berikut Soft Skiil yang penting
untuk dimiliki oleh para profesional
muda dalam menghadapi tantangan abada 21 adalah:
1. Mampu
menemukan serta menciptakan solusi ketika dihadapkan pada suatu permasalahan;
2. Mempu
mempelajarai konsep baru dengan cepat;
3. Memilki
kemampuan analitik yang baikdan mampu berpikir secara logis;
4. Memiliki
kemampuan komunikasi verbal yang baik, sehingga mampu menyampaikan ide dan
pemikirannya dengan jelas;
5. Memilki
kemampuan menulis yang baik, sehingga mampu mengkomunikasikan idenya dengan
jelas melalui tulisan;
6. Mampu
berpikir kreatif;
7. Mampu
mengoperasika perangkat teknologi seperti komputer;
8. Memilki
kemampuan yang baik dalam menganalisi angka dan statistik.
Kesimpulannya dalam rangka menghadapi tantangan abad
21 ini setiap guru harus memilki kemampuan dan profesionalitas yang tinggi
sehingga setiap tantangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran akan dapat
dihadapi serta dapat menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan
kompetitif. Era globalisasi menuntut persaingan tinggi tanpa terkecuali bagi
seluruh manusia. Tidak ada pilihan lain kecuali harus menghadapi abad yang
serba kompleks ini.
Komentar
Posting Komentar